Agama Adalah Nasihat

Dari Abu Ruqoyah Tamim Ad Daari radhiallahuanhu, sesungguhnya Rasulullah e bersabda : Agama adalah nasehat, kami berkata : Kepada siapa ? beliau bersabda : Kepada Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya dan kepada pemimpan kaum muslimin dan rakyatnya. (Riwayat Bukhori dan Muslim)

Sebarkan kebaikan, Rasulullah saw mengatakan sampaikan dariku walau satu ayat. Kalau Rasulullah saw yang bersabda, tentu ayat ayat (ucapan, perkataan, ilmu, dll) yang baik, bukan yang buruk.

Dalam banyak penelitian juga banyak menyinggung mengenai perkataan positif, pemikiran positif, tingkah laku positif, dan segala yang positif lainnya dapat mendukung berbagai hal yang menguntungkan bagi kita. Dapat berupa panjang umur, tidak mudah stress, tidak mudah sakit, dll.

Ketika kita senyum hanya diperlukan satu urat, sedangkan ketika kita marah akan memerlukan lebih banyak urat. Ketika urat (otot) yang dipergunakan banyak makin banyak pula energi yang dikeluarkan. Semakin banyak energi yang dikeluarkan, semakin cepat lelah seseorang.

Pelajaran Hadis Arbain Ke 7 diatas antara lain

  1. Agama Islam berdiri tegak diatas upaya saling menasihati, maka harus selalu saling menasihati diantara masing-masing individu muslim.
  2. Nasihat wajib dilakukan sesuai kemampuannya .
Allahu 'alam

No comments:

Feed

Sampaikan Walau Satu Ayat

↑ Grab this Headline Animator

Subscribe to Sampaikan Walau Satu Ayat by Email

I heart FeedBurner

Powered By Blogger