Pahala Amal Tergantung Niatnya

Mungkin udah sering denger hadis pertama dari Imam An Nawawi ini. Innamal 'Amalu bin niyat. Semua amal tergantung pada niatnya.

Niat merupakan sesuatu yang sederhana, cukup dalam hati, g perlu ditunjukkan dengan lafadz atau gerakan. Cukup dalam hati kita berketetapan untuk melakukan sesuatu.

Niat esensial bagi seluruh aktifitas kita. Dari niat yang kita tetapkan dalam melakukan aktifitas, menentukan hasil dari aktifitas yang kita lakukan.

Dalam hadis pertama ini, disebutkan jika niat hijrahnya karena Allah swt, maka ia akan memperoleh ridho Allah swt, jika niat hijrahnya karena harta atau karena wanita yang ingin dinikahi, maka ia akan mendapatkan apa yang diniatkan.

Niat berfungsi sebagai 2 hal :
  1. Pembeda antara ibadah yang satu dengan ibadah yang lain.
  2. Pembeda antara ibadah dan kebiasaan.
Kalau kita melirik ibadah mahdoh yang kita lakukan (seperti solat, puasa, dll). Mungkin akan terlihat, betapa banyaknya kekurangan disana sini. Ketika aktifitas yang kita lakukan sehari-hari dilandaskan pada niat karena Allah swt. aktifitas yang kita lakukan tersebut akan bernilai ibadah disisi Allah swt. yang tentunya akan turut menambah perbekalan kita untuk menghadapi hari yang pasti datang.

Allahu 'alam

No comments:

Feed

Sampaikan Walau Satu Ayat

↑ Grab this Headline Animator

Subscribe to Sampaikan Walau Satu Ayat by Email

I heart FeedBurner

Powered By Blogger