Hikmah

Definisi

Hikmah menurut sy adalah hal dibalik satu hal.
nah bingungkan!

Tadi pas jum'atan kepikiran mengenai satu kata ini, hikmah. Pada dasarnya setiap kata yang kita ketahui memiliki dua sisi mata uang. sisi pertama sisi negatif dan sisi kedua sisi positif. hal ini akan tergantung dari pribadi yang menggunakan kata tersebut.

Ambil contoh kata hikmah, biasanya ketika kita tertimpa musibah, ada saja orang yang mengatakan kepada kita "ambil aja hikmahnya." kalo dari perkataan tersebut hikmah yang dimaksud yakni hal yang baik dari suatu kejadian.

Namun kalau kita menggunakan definisi saya diatas, hikmah dapat juga berarti hal yang buruk dari suatu kejadian, bukan hanya hal yang baik.



Muslim Attitude

Sungguh aneh perkara seorang muslim, ketika mendapatkan kebaikan dia bersyukur dan mengucapkan hamdalah hal tersebut menjadi kebaikan baginya. Ketika mendapatkan musibah dan dia bersabar dengan mengucapkan innalillahi, hal tersebut menjadi kebaikan juga baginya.

Paragraf diatas merupakan koridor bagi setiap muslim dalam bertindak sehari-hari. Keseharian seorang manusia tidak akan terlepas dari baik dan buruk, positif dan negatif, rizky dan musibah serta seperti definisi dari hikmah diatas.

Koridor tersebut dipergunakan untuk membingkai keseharian seorang muslim dalam menghadapi berbagai macam persoalan yang menimpanya sehari-hari. Apakah itu persoalan yang baik atau persoalan yang buruk, bagi setiap muslim jika menerapkan koridor diatas akan menjadi baik semuanya.

Allahu 'alam

No comments:

Feed

Sampaikan Walau Satu Ayat

↑ Grab this Headline Animator

Subscribe to Sampaikan Walau Satu Ayat by Email

I heart FeedBurner

Powered By Blogger